Jumat, 28 Desember 2012

Tugas Praktikum PTI

2.Singkatan komponen
GPU:Graphics prosesing unit
AGP:Accelerated Graphics Port
HDD:Hard Disk Drive
FDD:Floppy Disk Drive
FSB:Front Side Bus
USB:Universal Serial Bus
PCI:Peripheral Component Interconnect
RTC: Real Time Clock
PATA: Pararel ATA
SATA:Serial Advanced Technology Attachment
ISA:Industry Standard Architecture
IDE:Integrated Drive Electronics
PS/2: Personal System/2
3. Jenis perangkat Input, 3 kompone utama CPU dan Fungsi masing-masing komponen tersebut, Jenis perangkat output ??
a). Jenis perangkat Input
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (penggunan) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
b). Sebutkan 3 kompone utama CPU dan Fungsi masing-masing komponen tersebut.
1. Aritmatic & Logical Unit (ALU)
    Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan yang bersifat aritmatik serta melakukan   keputusan dari operasi logka dan manipulasi bit sesuai dengan instruksi program.

2. Control Unit
    Control unit berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada pada sistem computer serta mengatur kapan alat input menerima data dan kapan alat output menampilkannya di monitor (Instruction Cycle)

3. Main Memory (Main Storage)
    Main memori merupakan tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan data yang akan atau yang  sedang diolah oleh sistem komputer.
 Main memory dapat dibagi atas dua bagian, yaitu:

    a. ROM (Read Only Memory)
        ROM merupakan memory permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusu  dan dibuat oleh pabrik, biasanya tidak untuk diubah oleh pengguna komputer.
ROM terdiri dari program pokok untuk dikonfigurasi sistem komputer seperti BIOS, BASIC dan  BootStrap Loader. Sekarang ini ROM yang dipakai untuk BIOS menggunakan teknologi CMOS(Complementary Mental Oxide Semiconductor), yang dapat mengubah konfigurasi BIOS bila
        perlu sehingga pemakai komputer dapat mengubah sistem BIOS. ROM tetap berada di dalam komputer pada saat apapun.Sinyal di dalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU saat komputer mulai diaktifkan.

    b. RAM (Random Access Memory)
        Semua data yang dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam main memory ini, yaitu dalam RAM. Data-data yang terdapat dalam RAM  ini hanya bersifat sementara. Apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.
c).Jenis perangkat output
a.MonitorMonitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.  
b. PrinterPrinter adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.  
c. PlotterPlotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.  
d. SpeakerSpeaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
4.Menjelaskan Cara kerja salah satu komponen PC.

  prosesor

            Pengertian prosesor (processor) adalah sebuah chip yang berupa Integrated Circuit (IC) yang mengontrol keseluruhan sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input dan output. Prosesor terletak pada soket yang ada di motherboard. Prosesor dapat diganti dengan jenis yang lain asalkan socket pada motherboard sesuai dan sistem pada motherboard mendukung arsitektur prosesor tersebut. Kecepatan prosesor mempengaruhi kecepatan komputer secara signifikan karena benda satu ini adalah merupakan pusat pengolahan data. Prosesor saat ini sering disebut microprosesor karena ukurannya yang sangat kecil secara fisik namun memiliki kecepatan proses yang besar.

 
Prosesor terbagi menjadi tiga bagian penting, yakni:
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memori Unit (MU)
Masing-masing bagian prosesor ini memiliki tugas masing-masing sesuai dengan namanya. Prosesor saat ini memiliki banyak merek, namun yang terkenal di Indonesia hanya ada dua, yakni Intel dan AMD. Padahal masih banyak merek lain, yakni Cyrix dari VIA, IBM PowerPC, IDT dan Apple.

 

Jenis-Jenis Prosesor

Berdasarkan jumlah inti prosesor, maka prosesor dibagi menjadi dua macam, yaitu:
  • Single core, yakni microprosesor yang hanya memilki bagian inti pemrosesan sebanyak satu buah saja. Prosesor ini adalah prosesor yang umum ada dibawah tahun 2004. Pada kurun waktu tersebut, untuk mendapatkan hasil komputasi lebih besar, kita harus membeli motherboard yang mendukung dua prosesor.
  • Multi core, yakni microprosesor yang memiliki bagian inti pemrosesan lebih dari satu. Umumnya berjumlah genap dan kelipatan dua. Misalnya dual core untuk dua inti, quad core untuk empat inti dan seterusnya. Keuntungan multicore adalah pemrosesan lebih cepat karena dibagi dalam dua inti yang berbeda sehingga mendapatkan hasil yang paralel.
Sedangkan jika dilihat berdasarkan penggunaannya, microprosesor dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:
  • Prosesor untuk workstation dan desktop PC. Pada awalnya prosesor jenis ini didominasi oleh prosesor dengan single core, namun belakangan sudah banyak prosesor multi core yang masuk ke segmen pasar ini. Keunggulannya adalah adanya fitur pemrosesan grafis untuk membantu kartu grafis. Salah satu contoh prosesor ini adalah AMD Athlon X2, Intel Core i3, dan lain sebagainya.
  • Prosesor untuk server. Prosesor untuk server memang sangat terbatas dan biasanya bercirikan memiliki kapasitas memori level 2 (L2 Cache) yang lebih besar daripada prosesor untuk desktop. Hal ini dikarenakan prosesor jenis ini difokuskan bekerja pada lingkungan pengolahan data yang cepat. Contohnya adalah AMD Opteron dan Intel Xeon
  • Prosesor untuk mobile devices. Prosesor jenis ini menekankan pada pemakaian energi yang sangat hemat dan ukuran serta emisi panas yang minimal. Hal ini dikarenakan catu daya mobile devices adalah baterai yang memiliki keterbatasan dalam hal kapasitasnya. Contoh prosesor jenis ini adalah ARM Cortex, VIA APC, dan lain-lain.
Ø RAM.




            (pengertian RAM). RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
Agar lebih mudah dipahami sebagai contoh, saat anda membuka membuka sebuah aplikasi misalnya seperti microsoft atau browser mozila firefox maka prosesor akan membuka program atau aplikasi tersebut dari hardisk dan kemudian akan meload nya ke memory atau RAM. begitulah kira kira pemahaman sederhana tentang fungsi memory atau RAM.
Kamu juga bisa melihat berapa banyak memori yang dibutuhkan ketika menjalankan suatu aplikasi atau program. Caranya klik kanan pada panel bar desktop layar komputer kamu kemudian pilih Task Manager, atau melalui tombol CRTL + ALT + DEL pada keyboard.
·         klik kanan pada panel bar, kemudian pilih Task Manager
 
·         Perhatikan pada tap Applications, maka akan menunjukkan aplikasi atau program yang sedang aktif saat ini,
·         Pada tap performance perhatikan pada kolom PF usage, disitu terdapat sejumlah angka (itu adalah jumlah memori yang dibutuhkan untuk menampilkan aplikasi). Semakin banyak aplikasi yang aktif maka semakin besar memori yang dibutuhkan.  Perlu diketahui juga, meskipun kamu tidak membuka aplikasi sama sekali bukan berati kolom PF Usage akan menjadi angka 0, karena sistem operasi windows juga membutuhkan memori agar bisa aktif atau hidup pada komputer.
·         Untuk memahami lebih jauh lagi anda bisa dilihat pada ilustrasi kerja memori atau ram dibawah ini
·         ketika kamu menyalakan komputer, komponen yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari tempat penyimpanan data (storage), yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor.
·         Tapi prakteknya hal ini sulit dilakukan karena perbedaan teknologi antara Processor & Hard Disk. Processor sendiri adalah komponen digital murni, dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz). Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teoritis kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding HDD. Artinya, apabila Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi “Bottle-Neck” yang sangat parah.
·         Maka untuk mengatasi hal itu, diperlukan device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital. Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).
5.Jelaskan tentang memori internal dan eksternal
            Memory Internal adalah Memory yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor.Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat.Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Secara lebih rinci, fungsi dari memori utama adalah : Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran Menampung program/instruksi yang berasal
Jenis-jenis memory Internal
ROM (Read Only Memory)
RAM (Random Access Memory)
            Memory Eksternal adalah memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Dengan kata lain memory ini termasuk perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. Contoh: Hardisk, Flash Disk maupun Floppy Disk. Pada dasarnya konsep dasar memori eksternal adalah Menyimpan data bersifat tetap (nonvolatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak.
Memori eksternal mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.
Jenis-jenis memory Eksternal :
Hardisk ATA dan SATA
6.Jelaskan tentang register.
PENGERTIAN REGISTER 
               
Dalam pemrograman dengan bahasa Assembly, mau tidak mau anda harusberhubungan dengan apa yang dinamakan sebagai Register. Lalu apakah yangdimaksudkan dengan register itu sebenarnya ?.Register merupakan sebagian memori dari mikroprosesor yang dapat diaksesdengan kecepatan yang sangat tinggi. Dalam melakukan pekerjaannyamikroprosesor selalu menggunakan register-register sebagai perantaranya, jadiregister dapat diibaratkan sebagai kaki dan tangannya mikroprosesor
7 Jelaskan tentang prosesor dan perkembanganya.
            Processor merupakan bagian sangat penting dari sebuah komputer, yang berfungsi sebagai otak dari komputer.Tanpa processor komputer hanyalah sebuah mesin yang tak bisa apa-apa.Pekembangan processor dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang begitu cepat bahka para pioner seperti Intel dan AMD selalu bersaing.Banyak sejarah-sejarah yang dialami processor-processor Intel sebelum Processor tersebut menjadi sehebat sekarang yang processornya sekarang dijuluki Otak Komputer tercepat di dunia yaitu Core i7 dan Corei& Extreem yang tercepatnya.
8.Jelaskan tentang motherboard.
            Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.
Saat ini banyak merek dan jenis motherboard.Bagi anda yang ingin merakit sendiri komputernya, saya sarankan agar berhati-hati dalam memilih merek dan jenis motherboard. Permasalahan motherboard yang umum terjadi akan dibahas selanjutnya sesuai dengan kasusnya
9.Sebutkan persiapan dalam merakit computer.
1.Penentuan Konfigurasi Komputer
            Konfigurasikomputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

2. Persiapan Komponen dan Perlengkapan
            Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:
• Komponen komputer
• Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
• Buku manual dan referensi dari komponen
• Alat bantu berupa obeng pipih dan philips
• Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.

            Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.


3. Pengamanan
            Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:
• Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
• Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen
10.Penyebab troubleshotting computer dan cara mengatasinya.

1. Start up yang berlebihan

Awalnya komputer dapat siap digunakan dalam beberapa detik saja. Proses booting-nya cepat. Namun di kemudian hari, dari menekan tombol power sampai masuk ke desktop memerlukan waktu yang lebih lama, dan makin lama.Hal ini disebabkan oleh program startup yang berlebihan jumlahnya.Komputer harus menjalankan semua aplikasi tersebut sebelum siap digunakan.
Atasi: Matikan program startup yang tidak penting. Anda dapat melakukannya melalui msconfig atau Tune Up Startup Manager. Anda tidak butuh Winamp Agent dijalankan setiap kali start up bukan?
2. Terlalu banyak temporary files
Setiap kali Anda membuka halaman web, menjalankan aplikasi, dan kegiatan lainnya, komputer akan membuat file-file temporer (temporary file). File-file ini dibuat dengan tujuan untuk mempercepat jalannya kegiatan yang sama. File-file ini makin lama makin banyak makin membutuhkan ruang hard drive yang lebih besar. Lagipula file ini berada di drive tempat sistem operasi (C). Akibatnya komputer makin melambat.
Atasi: Jalankan Windows Disk Cleanup. Akses melalui menu Accessories.

3. Hard disk terfragmentasi

Ketika sistem menyimpan file, file tersebut akan dipecah dan ditempatkan dibagian mana saja yang kosong. Ketika sistem membutuhkan file tersebut, bisa saja sistem tidak dapat menemukan suatu file dalam bagian yang berdekatan. Akibatnya sistem harus mencarinya di bagian-bagian yang berjauhan dan memerlukan waktu yang lama.Akibatnya, komputer lambat.

4. Uninstall yang kurang bersih

Ketika Anda melakukan uninstall, bisa saja masih tersisa file-file dari aplikasi yang Anda uninstall. File-file ini bisa berupa informasi registrasi aplikasi, save games, screenshots, dll.
Atasi: Lakukan uninstall dengan benar. Jangan hanya menghapus folder aplikasi tersebut. Tapi lakukan uninstall lewat uninstall.exe aplikasi tersebut, atau lewat Control Panel. Jangan lupa periksa apakah ada file-file tersisa lainnya setelah proses uninstall. Bila perlu gunakan aplikasi uninstaller pihak ketiga.

5. Operating System (OS) Drive terlalu penuh

Operating System (misal: XP, Vista, 7) biasanya terletak di drive C. Jika drive C ini terlalu penuh, maka dipastikan akan mengganggu kinerja OS. Akibatnya apalagi kalau bukan komputer lambat.
Atasi: Jika Anda memiliki beberapa drive (misal: C, D, E), jangan simpan data Anda pada drive C. Simpanlah pada drive lainnya (D atau E).

6. Antivirus

Beberapa antivirus memiliki kemampuan yang sangat hebat.Karena saking hebatnya, kinerja antivirus ini memberatkan sistem komputer Anda.Misalnya, ada antivirus yang terus menerus melakukan scanning sepanjang komputer menyala. Akibatnya, tentu saja proses komputer jadi lambat.
Atasi: pilih antivirus yang sesuai dengan kemampuan komputer. Jangan terlalu memaksa. Kaspersky Internet Security 2012 yang terinstall pada komputer pentium 4 tentunya akan sangat memberatkan sistem.

7. Virus dan program jahat lainnya

Virus komputer bisa menyusup ke sistem komputer dan bekerja sepanjang komputer menyala.Ada juga yang diam-diam terus menerus mendownload sesuatu dari internet.Ada juga yang terus menerus menggandakan dirinya.Apa pun cara kerja virus, yang jelas akan mengakibatkan komputer jadi lambat.
Atasi: gunakan antivirus terpercaya untuk menghapus virus dan program-program jahat ini.
Berikut ini adalah kode analisa suara troubleshootingtersebut :
Bunyi ‘beep’ pendek 1 kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot dengan baik.
Bunyi ‘beep’ pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS.
Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard atau DRAM.
Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.
Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard.
Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS.
Bunyi ‘beep’ panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.
Bunyi ‘beep’ pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar